Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak, TC FEB UM Selenggarakan Kegiatan Pengisian E-SPT 2023

Pada tanggal 9-31 Maret 2023, Tax Center (TC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan serangkaian kegiatan Pengisian E-SPT. Kegiatan ini mengambil tema “Indonesia Gemilang Bersama Peningkatan Kesadaran Wajib Pajak melalui Kepatuhan Pengisian E-SPT”. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran Wajib Pajak di Universitas Negeri Malang dan membantu mereka dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan. 

Kegiatan diawali dengan webinar yang diadakan pada hari Kamis, 9 Maret 2023 dengan sasaran Dosen dan Tenaga Kependidikan UM. Webinar dibuka oleh Ibu Satia Nur Maharani S.E., M.SA., Ak, CSRS., selaku Wakil Dekan I FEB UM dan dipandu oleh Ibu Vidya Purnamasari S.E., M. Sc., selaku moderator. TC FEB UM bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah III Jawa Timur Malang dalam memberikan materi. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Siti Rahayu S.E., M.Si., selaku Penyuluh Pajak Ahli Madya mengenai “Pemadanan NIK menjadi NPWP”. Kemudian, materi kedua yang tak kalah penting disampaikan oleh Ibu Nurul Armylia S.E., selaku Penyuluh Ahli Pertama mengenai “Tata cara pengisian E-Filling 1770S”. 

Serangkaian kegiatan berlanjut dengan dibukanya pelayanan pengisian E-SPT bersama secara offline di Aula Gedung D7 Lantai 2 FEB UM pada tanggal 14 dan 15 Maret 2023 dan Ruang Tax Center (Gedung D9 Lantai 1 FEB UM) pada tanggal 16-31 Maret 2023. Selain itu, kegiatan pelayanan juga dilaksanakan secara online melalui Whatsapp pada tanggal 16-31 Maret 2023. Pelayanan yang dibuka oleh TC FEB UM ini telah membantu banyak Wajib Pajak di UM dalam melakukan pengisian E-SPT. Misalnya, selama kegiatan offline di Aula Gedung D7 ada 218 Wajib Pajak yang mendapatkan pendampingan dari para Relawan Pajak dan Tax Warrior dalam pengisian E-SPT.

Serangkaian kegiatan pengisian E-SPT 2023 oleh Tax Center FEB UM berakhir pada hari Jum’at, 31 Maret 2023. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan TC FEB UM ini diharapkan bisa membawa banyak manfaat bukan hanya bagi Panitia, Relawan Pajak, Tax Warrior, dan Wajib Pajak saja. Namun, juga dapat mendukung kemajuan Indonesia melalui pajak yang disetorkan ke kas negara oleh Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Malang.   

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *