SUKSES LEWATI BEBERAPA TAHAP, RELAWAN PAJAK MAHASISWA UM SIAP TERJUN KE MASYARAKAT

Tax Center (TC) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyelenggarakan rangkaian acara penerimaan hingga pemberdayaan relawan pajak UM 2022. Dari open recruitment, diperoleh 115 mahasiswa pendaftar relawan pajak yang melewati rangkaian seleksi mulai tanggal 10 hingga 18 januari 2022. Pada tahap akhir seleksi, diperoleh hasil 30 mahasiswa sebagai perwakilan UM pada KPP yang telah ditentukan.

Tak sampai disini, TC FE UM turut menyelenggarakan pelatihan pajak bagi mahasiswa relawan pajak UM pada secara daring melalui google meet. Pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari, yakni pada tanggal 19, 20, dan 22 Januari serta 3 Februari. Selain itu, calon relawan pajak UM juga mengikuti pelatihan dari DJP melalui zoom meeting pada tanggal 28 Januari. Pelatihan relawan pajak ini dihadiri 40 orang, dimana 10 orang diantaranya akan ditempatkan sebagai Tax Warrior. Pada bulan maret mendatang, Tax Warrior akan melaksanakan tugasnya dalam membantu pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan wajib pajak di UM.

Pada hari pertama, pelatihan calon relawan pajak diisi oleh Nuriah Muyassaroh selaku Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) TLC FE UM 2022 dengan mengangkat materi Kesadaran Pajak. Hari kedua pelatihan calon relawan pajak diisi oleh Mohammad Faizal Eka Santosa yang juga menjabat sebagai DPO TLC FE UM 2022 melalui penyajian materi pengisian SPT 1770 S dan 1770 SS. Hari ketiga pelatihan diisi oleh Apink Hanestia Putri yang juga merupakan DPO TLC FE UM 2022. Materi yang disampaikan pada hari ketiga ini adalah kepemimpinan, keahlian berkomunikasi efektif, dan code of conduct. Berbeda dengan hari sebelumnya, pada hari keempat relawan pajak UM mengikuti pelatihan dari DJP bersama tax center lain. Materi yang disampaikan pada hari keempat ini mengulas kembali mengenai komunikasi dan code of conduct serta membahas mengenai UU HPP dan pengisian SPT. Hari terakhir pelatihan pajak diisi oleh Bapak Yogi Dwi Satrio, S.Pd., M.Pd selaku dosen Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan. Dalam pelatihan ini, beliau mengajak langsung peserta pelatihan calon relawan pajak untuk mempraktikkan pengisian E-SPT 1770S dan 1770SS melalui web DJP online.

Keseluruhan pelatihan dikemas dan disampaikan dengan sangat menarik serta interaktif sehingga relawan pajak mampu memahami materi tanpa kendala. Hal ini merupakan bentuk keberhasilan kegiatan pelatihan yang diharapkan mampu memenuhi tujuan diadakannya relawan pajak itu sendiri. “Tujuan pelatihan relawan pajak bagi mahasiswa yaitu memberikan edukasi dan praktik langsung mengenai perhitungan, pembayaran, dan pelaporan perpajakan yang dapat berupa pajak penghasilan (PPh) bagi wajib pajak perseorangan dan badan, yang melalui sistem website pajak berupa e-billing, e-filling, dan e-form” ujar Mohammad Faizal Eka Santosa.

Selepas dilakukan berbagai pelatihan dari Tax Center FE UM dan DJP, para relawan pajak melaksanakan pengukuhan sekaligus penentuan lokasi KPP yang akan dijadikan tempat mengabdi. Kegiatan pengukuhan ini diselenggarakan oleh DJP pada tanggal 4 Februari 2021 melalui zoom meeting dan Live Streaming Youtube Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *