Tax Center Universitas Negeri Malang: Kupas Tuntas SDGs dan Pajak dalam FESPA 2022

12-13 Juli 2022, Tax Center bersama Tax Lover Community Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang kembali melaksanakan Festival Pajak 2022 dengan tema “Optimalisasi Peran Perpajakan dalam Akselerasi Pencapaian Sustainable Development Goals 2030”. Tema ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran pajak bagi masyarakat khususnya civitas akademika dalam bidang perpajakan. Selain itu, isu-isu yang diangkat juga dapat memberikan kontribusi bagi pengetahuan maupun praktik dari ilmu perpajakan itu sendiri.

 

Kegiatan festival pajak yang pertama adalah presentasi call for paper oleh 10 finalis terpilih.

Finalis tersebut sebelumnya telah mendaftar dan mengikuti serangkaian penilaian full paper dan dinyatakan lolos ke tahap final oleh juri. Pada tahap penilaian call for paper melibatkan tiga juri ahli dalam bidang perekonomian, perpajakan, dan kepenulisan. Tiga juri tersebut diantaranya yaitu Ibu Aulia Azzardina, S.E, MSc., Ibu Kholilah, S.E, MSA., Ak., serta Ibu Bunga Hidayati, SE, M.E. Ph.D. yang akan menilai sesuai dengan kriteria penilaian. Peserta call for paper ini sangat beragam, mulai dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Kadiri (Uniska), Universitas 17 Agustus Semarang, Politeknik UBAYA, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Politeknik Negeri Malang (Polinema), Universitas Islam Negeri Surabaya (UINSA), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, BCM College, Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri sampai dengan Universitas Negeri Malang (UM) itu sendiri.

 

Dari hasil presentasi tersebut diperoleh 5 finalis terbaik yang menjadi pemenang, diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Kadiri dan 2 dari Universitas Negeri Malang. Pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah berupa trophy, uang binaan, sertifikat, dan juga berkesempatan mengikuti Seminar Nasional yang merupakan bagian dari kegiatan Festival Pajak 2022. 

Tidak berhenti pada presentasi Call For Paper, kegiatan Festival Pajak 2022 dilanjutkan dengan seminar nasional dihari kedua. Seminar Nasional ini menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dibidang perpajakan dengan membawakan materi-materi yang sangat menarik. Mulai dari Ibu Siti Rahayu, S.E, M.Si., yang merupakan Fungsional Penyuluh Ahli Madya DJP Kanwil Jatim III, Bapak I Gede Arianta, SH., SE., MAK., BKP., CA., ASEAN CPA., Ak. sebagai ahli pajak, Prof. Dr. Etty Soesilowati, M.Si yang merupakan Dosen Ekonomi Pembangunan FEB UM sampai dengan Economic Research at SIGMAPHI, Bapak Muhammad Nalar Al Khair. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid di Gedung Kuliah Bersama A20 lantai 9 UM dan dengan live streaming melalui akun Youtube FEB UM. Seminar ini tidak hanya dihadiri oleh civitas akademika UM, namun juga dihadiri oleh universitas lainnya sebagai peserta. Peserta tidak hanya mendapatkan relasi dan ilmu yang bermanfaat, akan tetapi juga mendapatkan snack, lunch, seminar kit, dan sertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *