Giatkan Sosialisasi Pajak, KPP Pratama Malang Utara dan Tax Center FEB UM Selenggarakan Tax Goes To Campus

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara bekerjasama dengan Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang mengadakan Tax Goes to Campus dengan tema “Generasi Sadar Pajak Muda Berkreasi Membangun Negeri” sebagai bagian dari upaya sosialisasi kepada mahasiswa untuk peduli pajak pada tanggal 15 September 2022.

Acara ini berlangsung secara offline di aula gedung D10 FEB UM dimulai dengan sambutan Dekan FEB UM,  Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA, dilanjut sambutan dari Kepala Kantor KPP Pratama Malang Utara, Dwi Ismurdiono, S.H., M.Si. sekaligus membuka acara.  Acara yang dihadiri oleh mayoritas mahasiswa baru UM ini berjalan dengan lancar dan memberikan edukasi dalam bidang perpajakan. Pemateri yang dihadirkan merupakan Ibu Dwi Ratih Halifatul Akbar dan Ibu Solichatinnisa Gusdianiartha selaku staf bagian Fungsional Asisten Penyuluh Pajak KPP Pratama Malang Utara.

“Ambil ilmu sebanyak mungkin pada kegiatan ini, tingkatkan skill di zaman yang terus berkembang tugas kalian sebagai generasi muda adalah berperan dalam penerimaan negara khususnya dari sektor perpajakan dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat awam dan orang-orang terdekat kita mengenai pentingnya pajak” Ujar Dekan FEB UM dalam sambutannya.

Pajak memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian negara, dimana naiknya perekomian negara memicu peningkatan fasilitas yang disediakan pemerintah. Untuk itu sebagai generasi muda yang kreatif dan membangun, kita harus senantiasa peduli terhadap pembangunan ekonomi negara melali kepatuhan kita sebagai wajib pajak untuk taat pajak.

15 Agustus 2022, Tax Center Bersama Tax Lover Community Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pajak dengan tema “Intensifitas Perpajakan Pada Sektor UMKM dan Bendahara Kelurahan Dalam Mendukung Peningkatan Perekonomian Indonesia” Melalui kegiatan workshop sosialisasi perpajakan ini, diharapkan Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang dapat memberikan kontribusi khususnya pada kegiatan ekstensifikasi pajak di lingkungan masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi Pajak ini dilakukan di kantor kecamatan klojen pada pukul 7:30 dengan dihadiri oleh pengunjung dari kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan para pegawai bagian bendahara kelurahan khususnya kantor kecamatan Klojen. Kegiatan pertama pembukaan dilakukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lalu dilanjut dengan sambutan serta penyerahan vandel oleh Ketua Tax Center Universitas Negeri Malang Ibu Ermita Yusida S.E., M.E. kepada Pemateri Sosialisasi Pajak, Pemateri yang hadir adalah kalangan Pegawai DJP Kanwil 3 malang sebanyak 3 orang yakni Bapak Acob Achmadi, S.E., Ibu Siti Rahayu, S.E., M.SI., dan Ibu Nurul Armylia, S.E.

Materi pertama disampaikan oleh bapak Acob Achmadi, S.E. dengan judul “Kemudahan Pajak Untuk UMKM” Materi ini berisi mengenai Peran UMKM dalam menunjang perpajakan bangsa selama terjadinya pandemic COVID-19 serta mekanisme pembayaran Wajib Pajak (WP) seperti SPT tahunan. Kemudian materi ke-2 disampaikan oleh Ibu Nurul  Armylia, S.E. dengan judul “PMK-112/PMK.03/2022 (NPWP bagi pajak orang pribadi,Badan, dan Instansi Pemerintah) berisi perubabahan kebijakan mengenai NPWP dirubah menjadi menggunakan NIK beserta mekanisme perubahan bagi WP lama. Lalu materi terkakhir disampaikan oleh Ibu Siti Rahayu, S.E.., M.SI. mengenai “Pajak Akan Semakin Penting di Masa Mendatang” tentang PMK-58/PMK.03/2022 penunjukan pihak lain sebagai pemungut pajak dan tata caranya melalui sistem informasi pemerintah. Transaksi pengadaan barang dalam sistem informasi pengadilan pemerintah, transasksi pengadaan yang difasilitasi oleh pembayaran menggunakan UP (uang persediaan).

Acara yang diselenggarakan ini berjalan secara kondusif dan interaktif. Hal ini dibuktikan pada saat pemateri memaparkan materinya terlihat para undangan sangat antusias dalam bertanya mengenai materi yang telah disampaikan, sehingga dapat menjawab permasalahan yanng dihadapi di lapangan secara tepat sasaran.

Kegiatan berakhir yang ditutup oleh MC pada pukul 11:00 WIB, namun sebelum para undangan serta peserta sosialisasi pajak meninggalkan ruangan dilakukan foto Bersama sebagai kenangan atas kegiatan yang telah teselanggara kali ini. Diharapkan dengan adanya Sosialisasi pajak ini kedepannya dapat memberikan dampak yang positif kepada para pelaku UMKM dan Bendahara Kelurahan Klojen sehingga dapat memberikan wawasan serta menjawab pertanyaan atas permasalahan mengenai perpajakan.

PENGUMUMAN SELEKSI PELATIHAN PAJAK 2022

Selamat kepada para peserta yang telah lolos dalam tahap seleksi Pretest Pelatihan Pajak 2022. Berikut adalah daftar peserta yang dinyatakan lolos :

Afifah Khoirunnissa
ALWINDA NOVIANINGTYAS SURYONO
Alya Noor Hafizha
ANDINI WIDIA HABSARI
Annisa Rusianti
Astri Zullaisih
Dela Okta Prasustyani
Fadia Salsabilla
Faris Kurniawan Adha
Grace Maresther Pandi Rupidara
Hafida Cahya Ningrum
HAFIZH MEIRENOVEL BAMBANG
Hesty Apriliani
Iloh Silvia Arfindi
Irma Meiliana
Jessica Arnel Reynida
Linda Kusuma Wardani
Listameris Tariana
Luthfiana ‘Izzaturrahmah
Maharani Putri Syalwani
Mitia Eka Renisa
Moh. Wahyu Feri Irawan
MONIK SOLISTIYOWATI
Nelli Chlarita Sirait
Nini Anggraini Laraswati
Nisa Amalia
Novitasari
olivia safitri rachillah
Pandega Hutama
Putri Dwi Firnanda
Rani Destia Wahyuningsih
RIDHOTUL FATIHATUZZAHRO’
Rini Dian Prasasti
Ristyandita Maretamia Putri
Rizky Arinda Nur Hanifah
Rosyidatu Farras
Safira Ayu Ramadhan
Salsabila Sherina Agata
SALSABILLA FITRIA SETIA PUTRI
Selvi Kurniawati
Septa Fadidaffa Hirgantoro
Shifa Qurrota Aini
Sinta Wahyu Marista
Siti Faizatun Nisa’
Siti Zumroh
Sry Ayu Rezeki Silaban
Syahrila Maulidiya Zahro
Tara Aisha Puspita
Tiodor Sibuea
ZUHROTUL MUNAWWAROH